Gua Cerme Bantul Yogyakarta, Akses, Aktivitas, Harga Tiket

Gua Cerme Bantul Yogyakarta adalah salah satu gua yang memiliki sejarah panjang. Gua ini juga panjangnya mencapai 1,5 km untuk menembus mata air di desa Ploso, kabupaten Gunung Kidul. Dari segi namanya, tempat ini berasal dari kata membaca, yang berarti kata-kata Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Objek wisata ini sangat dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan keindahan yang menarik dan juga kaya akan nilai sejarah.

Aktivitas itu bisa dilakukan di gua Cerme

Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda bisa melakukan caving yang pasti akan memberi Anda pengalaman baru. Anda harus berjalan 1,2 km sampai sinar matahari menghilang dan Anda berada dalam kegelapan total. Pada titik ini, Anda hanya akan mendengar suara kelelawar dan suara air mengalir. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa tempat suci seperti air zam-zam, mustoko, wilang gilang, watu aji dan beberapa benda suci lainnya.

Setelah melakukan perjalanan panjang, Anda akan menemukan bahwa bagian terbaik dari tempat ini adalah air terjun mini yang dinamai grojogan sewu. Tetapi Anda harus memperhatikan, ketika Anda menemukan musik hujan, biasanya pemandu wisata hanya akan membawa Anda ke titik ini. Namun, jika Anda mengaku berani, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pintu keluar gua.

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah berkemah. Di area ini terdapat area bermain yang sangat luas dan umumnya digunakan untuk mendirikan tenda. Di tempat ini Anda menjadi saksi kabut yang menutupi lembah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keagungan gunung berapi yang terlihat sangat menawan. Gua di sini memiliki ornamen yang unik dan masih hidup, sehingga sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

Baca juga : Travel Semarang Solo

Selain itu, aliran sungai kecil di gua juga bisa unik jika Anda dapat mengambil agel dengan benar. Meski tempatnya cenderung gelap, banyak turis sengaja mengunjunginya hanya untuk mencari pekerjaan yang indah untuk dinikmati.

Satu hal unik yang biasanya dilakukan di tempat ini adalah meditasi atau meditasi. Biasanya tempat ini digunakan oleh beberapa orang untuk mencari atau hanya menemukan kedamaian untuk mendapatkan ide-ide baru.

Harga tiket untuk gua Cerme

Dengan berbicara tentang harga tiket, Anda akan mendapatkan detail berikut. Untuk tiket masuk ke area gua cerme, Anda akan dikenai biaya Rp. 3.000 selama seminggu dan Rp. 4.000 untuk Tahun Baru dan musim Idul Fitri lainnya. Juga, untuk tiket gua atau gua, biayanya hanya Rp. 3.000
Jika Anda menginginkan informasi tambahan, Anda dapat menggunakan layanan panduan yang menghabiskan sekitar Rp 10.000 jika grup memiliki kurang dari 14 orang. Untuk biaya dukungan, Anda dapat menyewa helm dan lampu senter hanya dengan Rp 10.000. Dari beberapa perincian ini, biaya yang dikeluarkan masih relatif murah dan memadai untuk bepergian bagi individu dan kelompok.

Baca juga : Travel Semarang Pati

Akses ke gua Cerme

Tempat wisata ini terletak sekitar 22 km selatan kota Yoryakarta. Jika Anda berlibur dengan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari terminal Giwangan, Imogiri, Selopamioro dan berakhir di Cerme. Dari daerah Imogiri, Anda sudah bisa menemukan petunjuk untuk menuju ke gua ini. Perlu ditekankan bahwa setelah mencapai Selopamioro Anda akan menemui jalan menanjak, jadi Anda harus memastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi prima.

Sekarang, jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat mengambil rute transportasi umum Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah mencapai theerme, Anda dapat melanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek ke kompleks gua Cerme. Yang perlu diperhatikan, transportasi umum hanya berfungsi hingga pukul 2:00 malam.

Nah, bagian dari informasi ini adalah ulasan tentang tempat wisata Gua Cerme di Bantul yang bisa Anda kunjungi. Anda dapat memanfaatkan waktu liburan Anda dengan mengunjungi gua yang kaya akan keindahan dan nilai historisnya.

Leave a Reply